Coretan Kecil Dalam Proposal Hidupku

Posted: Maret 8, 2012 in Uncategorized

Siapa yang sangka lulus Sarjana langsung diterima kerja di PT. Greenfields Indonesia. Siapa yang gak tau Greenfields???? W.O.W mungkin sebagian orang iri atau ingin seperti saya, lulus kuliah langsung kerja. Tetapi bagiku ini adalah sebuah dilema, dimana aku masih ingin bersenang-senang dengan teman kuliahku tapi disatu sisi ada satu tanggung jawab yang harus kujalankan yaitu aku harus hidup mandiri. Banyak hal yang membuatku bimbang, mungkin salah satunya adanya tawaran kuliah pascasarjana dari Dosenku. Yah,, ini merupakan sebuah peralihan dimana aku harus beradaptasi untuk mengenal dunia yang sesungguhnya yaitu dunia kerja. Yah, Tuhan memang menunjukkan jalanku untuk hidup mandiri dengan bekerja di PT. Greenfields.

Wah,, senangnya bisa berpetualang di Malang. Kalimat itu yang saya ucapkan setelah sampai di Malang, meskipun berat hati, berat pikiran dan berat badan… LOH???? Bukan berat badan, hehehehe… memang berat meninggalkan Kota Bogor yang sudah mengajarkan saya akan arti hidup, arti persahabatan, arti cinta, arti pengorbanan. Yah banyaklah, yang bisa saya dapatkan dan akan saya rindukan dari Kota Bogor. Salah satunya adalah my densus 08 (eny, lusi, lisa, adian, chissy,ariyanti, bambang, dika, manta, brury, anton, ayu, izak, rio, sari, ella, leo).., I REALLY REALLY MISS THEM…. really really want to hug… tetapi memang yah, jalan hidup orang-orang memang berbeda…. mungkin suatu saat kita akan bertemu lagi wahai saudaraku…

Kembali lagi ke topik,, upppzzz maksudnya kembali ke dunia yang sedang ku jalani. Malang??? Wah enak dunk dingin, banyak apel, banyak tempat wisata.. tetapi hari demi hari kujalani, tidak seenak yang kubayangkan. Ternyata tempat kerjaku digunung kalo kata orang Malang bilang oh di gunung kawi itu ya tempat pesugiahan.. dan aku hanya tertawa orang2 nyeletuk seperti itu. Memang, kondisi lingkungan kerjaku jauh harus menempuh waktu 1 jam jika mo ke kota malang, dan kondisinya hanya pemandangannya sapi dan memiliki tetangga sapi 7000 ekor.. wah,,, i that’s a new experience…

Bulan pertama, kedua saya enjoy menikmati pekerjaan sebagai MT (MANAGEMENT TRAINEE).. W.O.W mendengar kata MT wah, pasti semua orang bangga akan pekerjaan ini. Kata orang sih Oh MT ya CALON BOSS. Tetapi ternyata Kata MT bagiku 180 derajat berbeda dibanding pandangan orang-orang. Yah, bulan ke-1 dan2 dibilang bukan bekerja karena kerjaku masih belajar, tanya-tanya, nongkrong di kantor gak jelas, paling pol-polnya ngenet. W.O.W dari tadi perasaan W.O.W mulu.. heehhee oke..oke.. sekarang kita serius inih….

Bulan ke-5 tepatnya 21 Desember 2011 merupakan penentuan penjurusan setelah 5 bulan belajar di semua departemen. Wah, ternyata aku ditempatkan di bagian Breeding. Wah, selangkah lebih maju, sekarang gak hanya tanya-tanya, ngenet duduk di kantor dan presentasi. Huh,,, ternyata saya langsung terjun kelapangan,,bukan terjun ke jurang.. hehehee.. berat memang pekerjaan lapangan tetapi ini yang harus saya jalankan. Satu bulan pertama, saya harus menjalankan tugas layaknya apa yang dikerjakan oleh seorang operator yaitu memberi minum pedet, memberi colostrum, ya ngangkat-ngangkat ember ( awalnya gak kuat sama sekali ngangkat ember 20 liter sampe sekarang kuat ngangkatnya) huaaaa dahsyat dah,, up oh ya mengangkat saudast, nyuci kaleng susu… tiap hari selalu berhubungan yang namanya korah-korah…. yah, capek iya, ngeluh ya iya.. Pikir saja sendiri masa seorang Sarjana Terbaik Fakultas Peternakan kerjaannya korah-korah, ngangkatin pellet layaknya seorang tukang kuli.. apalagi ditambah Seorang pegawai bagian Kesehatan hewan nyeletuk seperti ini,, wah JAUH-JAUH NYEBRANG PULAU DISINI CUMA KERJANYA NYAPU. TINGGI-TINGGI SEKOLAHNYA (SARJANA) DISINI CUMA KORAH-KORAH. Gimana dada ni gak nyesek.. rasanya pengen nangis ditempat.tapi kan malu, jadi ya rasanya ngegondok aja. Seorang SarjAnA gitu loh, yang dibangga-banggain di depan GeDUNG WISUDA… PAULINA YUNIARSIH LULUSAN TERBAIK FAKULTAS PETERNAKAN DENGAN PREDIKAT CUMLAUDE… ternyata..ternyata..ternyata.. begini toh rasanya kerja, begini toh rasanya nyari uang, kadang pernah berpikir hidup kok susah amat. Harus kerja jauh di malang meninggalkan semua keluarga, teman-teman, dan gemerlapnya kota.

Hingga bulan ke-7 ini, akhirnya aku naik pangkat meskipun masih acting as koordinator. Kupikir aku bisa lolos dari yang namanya pekerjaan operator. Upzz,, udah punya pikiran jahat aja udah ngehindar dari kerjaan sehari-hari.. hehehe.. oh, ternyata tugasku semakin berat, ya menjaalankan layaknya tugas koordinatot + TUGAS OPERATOR. Huaaaaaa….. TIDAAAAKKKKK…. !!! yah, ternyata saya juga tidak lepas dari yang namanya KORAH_KORAH. Tak tanggung-tanggung, cara managerku mengajari karyawan dengan langsung menajdikanku koordinator. Wah, senangnya mungki saatnya saya menerapkan ilmu-ilmu saya yang sudah gak sabar buat diterpakan. Ilmu-ilmu kepemimpinan, ilmu peternakan yang saya jadikan modal untuk di Breeding. Ternyata memang tidak cukup modal yang kupunyai. Masih banyak kekurangan sana-sini dalam hal pekerjaan. Hari pertama aku menjadi Koordinator sendirian tanpa ada back up, wah saya langsung bingung, grogi karena operator sulit dikendalikan. Hari demi hari yah saya mempelajari semuanya mulai dari watak masing-masing operator, cara mengatur orang, cara memelihara pedet yang baik dan satu lagi belajar menghargai dan membantu sesama kalo orang jawa bilang tepo seliro.. Yah karena ini TEPA SELIRO dari team BREEDing saya masih bertahan bekerja ditempat ini. Mereka baik, mau mengajarkan saya, mau sharing, mau berbagi dan satu lagi manager yang perhatian dengan karyawan. Ini merupakan ilmu yang sedang saya pelajari dan akan saya contoh.

Minggu-minggu ini merupakan minggu yang berat. Gimana gak berat, senin selasa rabu kamis jumat saya benar-benar diuji kesabaran, diuji kepemimpinan saya. Pekerjaan semakin berat dengan adanya tanggung jawab baru, wewenang baru yaitu aku harus membenahi management haifer. Wah, berat bagi saya karena capek, kulit hitam, dongkol ya tetep saya jalankan. Hari ini merupakan berat, rasanya pengen nangis tetapi malu, yah demi tanggung jawab meskipun saya menjalan tugas ini dengan terseok-seok tetapi saya harus kuat menjalankan ini. Mungkin terlalu dini untuk tanggung jawab yang besar ataukah saya yang terlalu cengeng dan lemah. Yah, ini merupakan puncaknya saya meluapkan semua apa yang saya rasakan dan alami. Hanya melalui tulisan ini, saya merasa lebih tenang.

Ini merupakan sebuah proses kehidupan. Proses menuju kehidupan yang baik dan bahagia, itupun teman temanku yang sering menasehatiku. Yah, meski sebuah proses, mengapa terlalu keras, terlalu sakit TUHAN untuk semua yang kujalankan ini. DalaM doaku, mungkin TUHAN sedang membentuk hambanya utuk menjadi kuat, sabar, taat pada-Nya. Ada sebuah perumpaan yang selalu saya tanamkan pada diri saya bahwa cara orang belajar atau dibentuk itu memiliki proses yang berbeda-beda. mungkin Tuhan sedang membentukku, sedang mengajariku bagaimana cara hidup yang benar dengan cara menceburkanku disebuah danau yang dalam dan saya harus berenang untuk dapat selamat. Wah, hebat banget dah perumpaannya padahal mah gak bisa berenang. Hehehehe….

Cuma satu yang kupegang teguh dari semua apa yang kujalani saat ini. Saya ingin mengetahui seberapa kuatnya diriku, seberapa tahannya diriku, seberapa jauh kemampuanku untuk dapat bertahan dalam menjalankan sebuah proses kehidupanku disini. Karena aku percaya Tuhan Yesus akan selalu ada disampingku untuk menguatkanku, memberikanku kesabara. Dan aku percaya semua indah pada waktunya, indah rancangan-Nya untu diriku.
Sampai jumpa di CORETAN KECIL PART 2…

Malang, 8 Maret 2012

Komentar
  1. lutfi afifah mengatakan:

    korah korah itu jowo banget lin…
    mungkin hal besar berawal dr hal kecil lin…
    semangat lw lin! I love it😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s